HOME | CONTACT US | ABOUT
Always On:

Saya Tidak Takut Anak Perempuanku Menjadi Fakir Miskin

Abdullah bin Amru r.a berkata, Rasulullah pernah bersabda, “Belajarlah al-Qur’an dari empat sahabat; Ibn Mas’ud, Ubay bin Ka’ab, Mu’az bin Jabal dan Salim budak Abu Khuzaifah.” Meskipun tubuhnya kecil tapi Abdullah bin Mas’ud mempunyai kelebihan dalam suara. Beliau lah orang Islam pertama yang membaca al-Qur’an dengan suara keras.

Suatu hari Rasulullah bertanya kepada Ibn Mas’ud, “Bacalah untuk.” Saya jawab, “Apakah saya harus membaca untukmu sedangkan Wahyu itu diturunkan kepadamu?” Rasulullah menjawab; “Sungguh, bahwa saya ingin mendengar dari orang lain.” Kemudian saya pun membaca untuk Rasulullah surah an-Nisa hingga sampai ayat 41“Bagaimana jika kami datangkan saksi dari semua umatku dan kami bawa kamu kepada mereka” Rasul berkata; “Rabb!” Ternyata mata Rasulullah meneteskan air mata.

Sebelum wafatnya Utsman bin Affan pernah menawarkan Abdullah Ibn Mas’ud untuk memberikan sebagian hartanya kepada putrinya. Dengan cara halus beliau menolak tawaran itu sembari berkata, “Saya tidak takut anak perempuanku menjadi fakir miskin.” Beliau melajutkan ucapannya tadi, “Tiap malam saya suruh anak perempuanku saya untuk membaca surah al-Waqiah. Sebab saya pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca surah al-Waqiah tiap malam, dia tidak tertimpa kefakiran selamanya”(ibn Katsir menyebutkan dalam kitabnya).

No comments:

Post a Comment